Selasa, 03 Agustus 2010

kejujuran

    "apapun yang kamu punya harus bilang pada mama" kata-kata mama tersebut masih terngiang di telingaku. huffft.... kau uda SMA tapi mama masih memperlakuka aku bak anak kecil. tapi memang aku diperlakukan oleh anak kecil atau aku hanya merasa diperlakukan kayak anak kecil..
     sejenak aku merenung, mungkinkah masih ada kaitannya dengan masalalu ku? sepertinya iya.
    kembali ke persoalan awal. mungkin orang tua selalu menuntut banyak hal ke anak. kamu harus juara lah, harus jadi yang terbaiklah, kamu harus jujurlah dan lain sebagainya. tapi yang paling berat pastilah hal yang berhubugan dengan kejujuran. meskipun kita wajib jujur pada orang tua. pasti ada kalanya kita terlalu sulit untuk jujur karena takut dimarahi. "aku juga punya privasi ma.... pa....", "aku punya hal yang aku anggap mama papa gak harus tahu" dua kalimat tersebut merupakan sebagian kecil kata yang ingin diktakan oleh eorang anak ketika diri mereka (juga termasuk aku) "dipaksa"jujur oleh orang tua.
     aku yakin ketika orang tua mengatakan kita harus jujur itu merupakan tekanan buat anak (ruwet ya kalimatnya di ulang-ulang terus sihhh...) tapi aku yakin orang tua gak akan menjerumuskn anaknya. orang tua kita menyuruh kita jujur karena mereka tak mau anaknya terbebani masalah nantinya. jadi, aku menyimpulkan JUJUR AJUR (KEMUDIAN JADI MENGERTI) ITU BAIK DARIPADA GAK JUJUR JADI TAPI JADI GAK NGERTI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar